Bagaimanakah Cara Merawat AC Rumah Biar Awet?

Bagaimanakah Cara Merawat AC Rumah Biar Awet?

Salah satu cara merawat AC rumah biar awet adalah rutin membersihkan filter dan membersihkan saringan udara AC secara rutin. Keberadaan AC di rumah sangat membantu mengurangi rasa panas dan gerah, terutama mengingat iklim Indonesia yang cukup panas.

Seperti peralatan elektronik lainnya, AC juga membutuhkan perawatan yang tepat agar tetap awet. Meski Anda bisa memanggil tukang servis AC untuk melakukan pengecekan dan pembersihan berkala, ada beberapa hal yang bisa kita lakukan sendiri untuk memastikan AC Anda lebih tahan lama.

Cara Merawat AC Rumah Biar Awet

AC adalah solusi terbaik untuk memberikan kesejukan pada ruangan. Namun, kerusakan pada sistem pendinginan bisa menjadi masalah serius terutama saat tingkat kelembaban meningkat. Merawat AC dengan baik sangat penting untuk mencegah pemborosan listrik dan memastikan kinerjanya tetap optimal. Nah berikut beberapa cara merawat AC rumah biar awet yang bisa Anda lakukan:

1. Bersihkan Filter AC secara Rutin

Cara merawat AC rumah untuk menjaga kinerja optimal dan umur panjang adalah dengan secara rutin membersihkan filternya. Filter AC berperan penting dalam menyaring udara, menjaga udara di dalam ruangan tetap bersih dan bebas dari alergi.

Ketika filter kotor, kinerja AC terganggu, menyebabkan ruangan tidak mencapai suhu yang diinginkan dan meningkatkan konsumsi energi. Dengan menjaga filter tetap bersih, Anda dapat memastikan AC beroperasi secara efisien, mengurangi konsumsi daya, dan meningkatkan kenyamanan di dalam ruangan.

Jadi, pastikan untuk menjaga kebersihan filter AC secara berkala, sebaiknya setiap 1-3 bulan sekali. Berikut langkah-langkah untuk membersihkan filter AC di rumah:

  • Pastikan AC dalam keadaan mati.
  • Buka bagian bodi AC dan lepaskan filter yang terdapat di dalam unit.
  • Gunakan vacuum cleaner atau alat penyedot debu lainnya untuk membersihkan debu di dalam unit AC.
  • Bersihkan bagian bodi dan bingkai AC dengan kain microfiber.
  • Cucilah filter AC di luar ruangan dengan air bersih. Rendam filter dalam larutan pembersih seperti cuka putih dan air hangat dengan perbandingan 1:1, dan biarkan selama satu jam.
  • Bilas filter AC dengan air biasa secara perlahan, lalu keringkan dengan menganginkannya.
  • Pasang kembali filter AC yang sudah kering ke dalam unit. Pastikan untuk mengikuti petunjuk pemasangan yang tertera dalam buku panduan.

2. Hindari Mengatur Suhu di bawah 22 derajat Celsius.

Salah satu cara merawat AC rumah agar tidak cepat rusak adalah dengan menghindari pengaturan suhu dibawah 22 derajat Celsius. Meskipun bisa membuat ruangan menjadi lebih cepat sejuk dan dingin, kebiasaan ini dapat mempercepat pemanasan mesin AC.

Hal ini terjadi karena mesin yang biasanya bekerja pada suhu ruangan di atas 22 derajat Celsius dipaksa untuk beroperasi pada suhu yang lebih rendah secara terus-menerus. Akibatnya, usia kompresor AC dapat berkurang dan meningkatkan risiko kerusakan.

Baca juga: Cara Menghitung Biaya Renovasi Rumah Per Meter PersegiĀ 

Jadi, berapa suhu yang ideal supaya AC tidak cepat rusak? Suhu sekitar 22 hingga 24 derajat Celsius dianggap ideal dan dapat menjaga kenyamanan suhu di dalam ruangan, terutama saat musim panas. Selain memberikan udara yang sejuk, pengaturan suhu seperti ini juga bisa memperpanjang umur AC.

3. Menggunakan Timer AC

Cara merawat AC rumah biar awet berikutnya adalah dengan menggunakan timer. Meskipun beberapa pengguna mungkin menganggap fungsi timer AC hanya bermanfaat untuk menghemat Listrik. Namun sebenarnya penggunaan timer juga dapat memperpanjang umur AC.

Seperti yang kita ketahui, penggunaan timer pada AC memungkinkan pendinginan ruangan secara otomatis sesuai dengan jadwal yang telah ditetapkan. Fitur ini sangat berguna terutama bagi pengguna yang sering lupa mematikan AC setelah tidak digunakan lagi.

Sebenarnya tidak ada batasan waktu untuk mematikan AC, namun sangat disarankan untuk mematikannya saat tidak digunakan. Hal ini tidak hanya membantu menghemat listrik, tetapi juga mencegah risiko ledakan atau kebakaran pada unit AC.

4. Membersihkan Saringan Udara AC Secara Rutin

Salah satu langkah penting dalam merawat AC agar tetap berfungsi dengan baik dan dapat digunakan dalam jangka panjang adalah dengan melakukan pembersihan saringan udara pada unitnya. Penting untuk diingat bahwa membersihkan saringan udara secara teratur dapat meningkatkan kinerja AC dan menghasilkan udara yang lebih sejuk.

Saringan udara pada AC berperan sebagai penyaring udara dari luar, menahan alergen dan debu di permukaan evaporator. Jika saringan ini jarang dibersihkan, AC akan bekerja lebih keras dan mengonsumsi lebih banyak daya listrik. Oleh karena itu, disarankan untuk membersihkan saringan udara setidaknya setiap dua minggu sekali.

5. Cek Tekanan Freon

Cara merawat AC rumah biar awet selanjutnya adalah memeriksa tekanan freon secara rutin. Freon adalah bahan yang membuat udara menjadi dingin dalam AC. Jika AC Anda tidak menghasilkan udara dingin, ini bisa menjadi tanda adanya kebocoran freon yang menyebabkan penurunan tekanan.

Untuk menjaga performa AC, disarankan untuk memeriksa tekanan freon setiap 6 bulan. Namun, disarankan untuk melakukan pemeriksaan ini oleh teknisi yang berpengalaman. Sehingga mereka dapat melakukan tindakan yang diperlukan untuk mengoptimalkan kinerja AC Anda.

6. Periksa Termostat

Kesalahan umum yang sering terjadi adalah penggunaan remote untuk mengatur suhu terlalu rendah secara langsung saat menyalakan AC. Banyak orang, termasuk mungkin Anda, cenderung langsung mengatur suhu terendah agar ruangan segera dingin. Namun, tindakan ini dapat merugikan AC Anda dalam jangka panjang.

Memaksa AC untuk mencapai suhu terendah akan memaksa kompresor bekerja pada kapasitas maksimum, yang pada akhirnya dapat mengurangi umur AC. Akibatnya, AC bisa cepat rusak. Sebaiknya, aturlah suhu secara bertahap untuk menjaga keawetan dan kinerja AC Anda.

Baca juga: Cara Menghitung Biaya Pembongkaran Bangunan

7. Tutup Pintu atau Jendela

Cara untuk merawat AC supaya awet adalah dengan selalu memastikan pintu, jendela, dan ventilasi udara tertutup rapat. Hal ini penting agar udara dari luar tidak masuk ke dalam ruangan, sehingga AC dapat bekerja secara lebih efektif. Kehadiran udara tambahan dari luar memaksa kompresor AC untuk bekerja lebih keras, yang dapat mengakibatkan kerusakan lebih cepat pada AC Anda.

8. Gunakan AC dengan Bijak

Cara untuk merawat AC rumah adalah dengan menggunakan AC secara bijaksana. Contohnya, biarkan AC beroperasi selama 5 jam, lalu matikan untuk memberikan waktu istirahat. Selain itu, pastikan untuk mematikan AC ketika Anda meninggalkan rumah atau tidak menggunakannya. Meskipun terlihat sepele, tindakan-tindakan kecil seperti ini memiliki dampak besar pada umur panjang AC rumah Anda.

9. Servis AC Secara Rutin

Jika Anda tidak dapat melakukan pemeriksaan AC sendiri, maka Anda perlu menggunakan layanan jasa servis AC. Jasa service AC akan membantu memperbaiki masalah kecil atau mencegah kerusakan yang lebih serius pada AC Anda. Layanan AC biasanya mencakup pembersihan AC, membersihkan filter, dan memeriksa tingkat freon. Jika freon telah habis, teknisi akan mengisi ulang sesuai kebutuhan.

Selain itu, teknisi AC juga dapat melakukan pengecekan terhadap potensi kebocoran atau kerusakan lain pada komponen AC. Jika Anda butuh jasa service AC profesional dan berpengalaman, jangan ragu untuk menggunakan layanan AC dari Dokterkos.

Dokterkos tidak hanya melayani jasa renovasi property, namun juga menyediakan layanan service AC yang andal dan profesional. Silahkan hubungi kami sekarang untuk menggunakan layanan AC professional!